Laporan Bulanan BPR

Bank Indonesia mewajibkan setiap Bank Perkreditan Rakyat (BPR) melakukan Penyampaian Laporan Bulanan. Laporan Bulanan harus diisi secara benar dan lengkap serta disampaikan tepat waktu. Jika tidak bagi temen temen bagian yang bertanggung jawab menyampaikan laporan bulanan akan diberikan sanksi oleh Bank Indonesia.





Apa itu Laporan Bulanan
Laporan Bulanan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah Laporan yang disusun menurut sistematika dimaksudkan untuk keperluan :
1. Pengawasan BPR secara individual
2. Penyusunan statistik perbankan untuk kepentingan penyusunan kebijakan pengembangan BPR
BPR Pelapor
BPR Pelapor adalah Kantor Pusat dan Kantor Cabang BPR yang menyampaikan Laporan Bulanan untuk masing-masing kantor.


Periode Penyampaian Laporan Bulanan
  • BPR Pelapor wajib menyampaikan Laporan Bulanan paling lambat tanggal 14 (empat belas) pada bulan berikutnya setelah berakhirnya bulan laporan yang bersangkutan.
  • BPR Pelapor wajib menyampaikan koreksi atas kesalahan Laporan Bulanan paling lambat tanggal 20 (dua puluh) pada bulan berikutnya setelah berakhirnya bulan laporan yang bersangkutan.
Sanksi
  • Tidak Menyampaikan Laporan Bulanan dan/atau koreksi Laporan Bulanan dikenakan sanksi kewajiban membayar sebesar Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah).
  • Tidak menyampaikan Laporan Bulanan dan/atau koreksi Laporan Bulanan secara on-line tanpa memenuhi kondisi yang diatur pada Pasal 3 PBI No 7/51/PBI dikenakan sanksi kewajiban membayar sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk setiap penyampaian Laporan Bulanan dan/atau koreksi Laporan Bulanan.
  • Terlambat Menyampaikan Laporan Bulanan dikenakan sanksi kewajiban membayar sebesar Rp50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) per hari keterlambatan.
  • Terhadap setiap kesalahan Laporan Bulanan yang ditemukan berdasarkan penelitian dan/atau pemeriksaan OJK dikenakan sanksi kewajiban membayar sebesar Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) per item kesalahan atau paling banyak sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).
Bagi temen-temen yang belum ada aplikasi, panduan dan peraturan mengenai Laporan Bulanan ini admin share. Silahkan di download gratis link di bawah ini :

Download
Aplikasi Laporan Bulanan
Pedoman Laporan Bulanan BPR
PBI No 7/51/PBI tentang Laporan Bulanan BPR

Semoga Bermanfaat..