Kode Eror Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya




Printer Canon adalah termasuk printer canon yang awet pemakaiannya dan dari segi biaya (cost) juga lebih murah, tapi seringkali kita dipusingkan dengan printer yang gak mau cetak. Printer Canon Pixma ini memiliki banyak fungsi yang bisa membantu meringankan pekerjaan. Ia bisa mencetak, scan, dan photocopy. Satu alat dengan berbagai fungsi tentunya sangat dibutuhkan.
Jangan buru-buru di bawa ke tempat service printer. Uang nya lumayan buat jajan dan ditabung kalau keseringan eror... heee

Ada cara mudah untuk mengetahui kenapa printer kita tidak mencetak. Yang menarik lainnya dari printer pintar ini ialah keberadaan kode jika terjadi masalah. Kode-kode error inilah yang bisa membantu anda untuk bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi error yang terjadi. Kode-kode error berisi keterangan jenis masalah yang sedang terjadi pada printer. Berikut beberapa macam kode error yang muncul saat printer terjadi masalah yang bisa anda ketahui dan pelajari : 

  • E02  
Saat kode error ini muncul, maka masalah yang terjadi pada printer ialah kehabisan kertas. Dalam bahasa Inggris, istilah ini disebut print is out of paper, artinya printer kehabisan kertas. Maka untuk mengatasinya anda harus mengisi printer dengan kertas. Selain kehabisan kertas, kode ini juga bisa berarti posisi kertas yang belum benar sehingga printer tidak bisa memproses tugasnya. Maka untuk mengatasinya pastikan untuk memposisikan kertas dengan benar.
  • E03  
Jika kode error ini muncul, maka masalah yang terjadi ialah kertas macet. Maka yang harus anda lakukan tentu saja membetulkan posisi kertas ke posisi yang benar. Kode error yang satu ini juga bisa berarti tempat keluarnya kertas tertutup. Maka, pastikan untuk membuka tempat keluar kertas agar printer ini bisa berjalan.
  • E04 dan atau E05
indikasi adanya permasalahan pada cartridge. Biasanya cartridge tidak terdeteksi oleh printer yang dalam istilah bahasa Inggrisnya the fine cartridge cannot be recognized. Untuk cara mengatasinya, cukup lepaskan cartridge sebentar kemudian pasang kembali.

  • E07
Kode error ini akan muncul ketika Counter pada printer sudah terlalu penuh. Maka anda bisa mereset printer anda menggunakan software untuk mengatasinya.

  • E08
Saat kode error ini muncul maka akan ada keterangan Ink absorber is almost full yang artinya Ink absorber printernya sudah mau penuh. Untuk mengatasinya, tekan tombol hitam atau warna pada printer.
  • E13
Kode error ini untuk menunjukan bahwa ada masalah pada tinta. Biasanya tinta tidak terdeteksi printer. Maka untuk mengatasinya cukup dengan menekan tombol Stop atau Reset selama 5 detik dan coba kembali apa sudah bisa digunakan.

  • E14
Cartridge tidak dikenali printer. Ini bisa disebabkan karena tinta luber atau cartridge yang memang sudah harus diganti. Jika masalahnya karena tinta yang luber maka cara mengatasinya tinggal dibersihkan saja.

  • E15
Kode error ini juga menunjukkan ada masalah dengan Cartridge dan kemungkinan masalahnya karena tidak terpasang dengan benar. Maka lepaskan dan pasang kembali cartridge dengan posisi yang benar.

  • E16
Kode error yang satu ini menunjukkan bahwa tinta sudah habis. Tentu saja untuk mengatasinya anda harus mengisi ulang tinta.

  • E30
Kode error ini akan muncul jika ada masalah dengan objek yang akan di scan. Pastikan posisi dokumen sudah benar pada kaca scanner.

  • E31
Kode error ini berarti printer belum tersambung dengan PC yang anda gunakan. Maka, pastikan bahwa kabel USB printer sudah benar-benar tersambung dengan baik ke port komputer.

  • E50
Kode ini menunjukkan adanya masalah pada bagian scanning sehingga dokumen gagal untuk dikenali. Untuk mengatasinya, masukkan kertas dengan ukuran yang sesuai dan posisikan kertas dengan benar. Pastikan juga kaca plat scanner dalam kondisi bersih. Anda juga harus memeriksa apakah print head dalam kondisi baik dan tidak tersumbat apapun.

  • P02
Kode ini muncul bisa saja dikarenakan ada sobekan kertas yang tersangkut dibagian dalam printer atau bisa karena kondisi printer yang kotor. Maka anda bisa mengatasinya dengan mematikan printer sementara kemudian bersihkan printer dan singkirkan hal-hal kecil yang menyumbat. Baru kemudian coba hidupkan kembali.

  • P10
Kode error ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada salah satu komponen printer seperti motherboard, head cartridge atau power supply. Untuk mengatasinya, anda bisa mematikan sementara printer dan biarkan beberapa menit. Kemudian hidupkan kembali printer dan coba gunakan. Jika masih muncul kode di atas seelah anda mematikan printer beberapa menit, maka anda mungkin harus mengganti salah satu komponen diatas untuk memperbaikinya.

Semoga Bermanfaat.......